AKREDITASI PROGRAM STUDI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN TAHUN 2016

Akreditasi adalah pengakuan terhadap perguruan tinggi atau program studi yang menunjukkan bahwa perguruan tinggi atau program studi tersebut dalam melaksanakan program pendidikan dan mutu lulusan yang dihasilkannya, telah memenuhi standar yang ditetapkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Dalam beberapa bulan lalu di Fakultas teknik telah dilakukan visitasi program studi Teknik Sipil, Teknik Mesin dan Teknik Industri dengan tujuan untuk melakukan perbaikan akreditasi program studi. Penetapan akreditasi oleh BAN-PT dilakukan dengan menilai proses dan kinerja serta keterkaitan antara tujuan, masukan, proses dan keluaran suatu perguruan tinggi atau program studi, yang merupakan tanggung jawab perguruan tinggi atau program studi masing-masing.

Akreditasi juga merupakan salah satu bentuk sistem jaminan mutu eksternal yaitu suatu proses yang digunakan lembaga yang berwenang dalam memberikan pengakuan formal bahwa suatu institusi mempunyai kemampuan untuk melakukan kegiatan tertentu. Dengan demikian, akreditasi melindungi masyarakat dari penipuan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Kegiatan ini diawali dengan melakukan kegiatan evaluasi diri (self evaluation) terhadap berbagai/ komponen dari masukan, proses dan produk perguruan tinggi yang menyelenggarakan program studi tersebut dan mengirimkan laporannya ke lembaga asesor. Selanjutnya berdasarkan laporan evaluasi tersebut pihak lembaga asesor mengirim beberapa pertanyaan (borang) untuk diisi dan berdasarkan isian tersebut dilakukan kunjungan lapangan (site visit) oleh asesor sebagai tindakan validasi. Dengan kata lain Akreditasi sama dengan status dan proses. Status disini dalam konteks perguruan tinggi yang menyelenggarakan program studi terakreditasi telah memenuhi standar mutu yang telah ditetapkan, sedangkan Proses dalam konteks ini maksudnya adalah proses kegiatan akademik telah dilakukan memenuhi standar mutu dan kecenderungan melakukan perbaikan secara berkesinambungan melalui evaluasi diri.

Siapa yang melakukan Akreditasi?

Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dibentuk oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 1994 dengan tugas melakukan akreditasi terhadap perguruan tinggi. Pada awal pembentukannya BAN-PT telah memutuskan untuk melakukan terlebih dahulu akreditasi program studi, dengan alasan bahwa program studilah yang menentukan mutu hasil pendidikan dan kenyataan bahwa tingkat mutu program studi beragam. BAN-PT adalah lembaga yang memiliki kewenangan untuk mengevaluasi dan menilai, serta menetapkan status dan peringkat mutu program studi berdasarkan standar mutu yang telah ditetapkan.

Tujuan dan manfaat akreditasi

    1. Memberikan jaminan bahwa program studi yang terakreditasi telah memenuhi standar mutu yang ditetapkan oleh BAN-PT dengan merujuk pada standar nasional pendidikan yang termaktub dalam Peraturan Pemerintah No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, sehingga mampu memberikan perlindungan bagi masyarakat dari penyelenggaraan program studi yang tidakmemenuhi standar yang ditetapkan itu.
    1. Mendorong program studi untuk terus menerus melakukan perbaikan dan mempertahankan mutu yang tinggi
  1. Hasil akreditasi dapat dimanfaatkan sebagai dasar pertimbangan dalam transfer kredit perguruan tinggi, pemberian bantuan dan alokasi dana, serta pengakuan dari badan atau instansi yang lain.

Mutu program studi merupakan cerminan dari totalitas keadaan dan karakteristik masukan, proses, keluaran, hasil, dan dampak, atau layanan/kinerja program studi yang diukur berdasarkan sejumlah standar yang ditetapkan .

Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di Fakultas Teknik; Program Studi Teknik Sipil, Teknik Mesin dan Teknik Industri pada tahun 2016 mengajukan re-akreditasi ke Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Sebagai respon dari pengajuan re-akreditasi, maka BAN-PT telah menugaskan asesornya untuk melaksanakan visitasi ke masing-masing program studi di Fakultas Teknik yaitu pada :

  1. Tanggal 17-19 Juni 2016, Program Studi Teknik Sipil

Yang melakukan visitasi adalah Prof. Dr. Ing. Herman Parung, M.Eng dari Universitas Hasanudin (UNHAS) Makasar dan Prof. Dr. Ir. Agoes Soehardjono, MS dari Universitas Brawijaya (UNBRAW) Malang.

foto1

2. Tanggal 13-15 Juli 2016, Program Studi Teknik Mesin

Yang melakukan visitasi adalah Prof. Dr. Ir. Jamasri dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta dan Dr. Ir. Berkah Fajar Kiono, dari Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang.

img_20160714_171211

3. Tanggal 16 – 18 September 2016, Program Studi Teknik Industri

Yang melakukan visitasi adalah Prof. Dr. Ir. Suparno dari Institut Teknologi Sepuluh Noember (ITS) Surabaya dan Dr. Ir. T.M.A Adi Samadi dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Bandung.

foto3

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.