TEKNIK INDUSTRI GELAR SEMINAR SYSTEM MANUFACTURING

Universitas Riau Kepulauan, Batam – Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik UNRIKA baru-baru ini telah melaksanakan seminar system manufacturing guna mendukung kemampuan dan wawasan mahasiswa khususnya teknik industri dan mahasiswa Unrika secara umum. Tidak tanggung-tanggung, pemateri profesional langsung didatangkan dari ITB, Bandung. Prof. Dr. Drajad Irianto yang sekaligus merupakan guru besar dari fakultas teknik industri Institut Teknologi Bandung (ITB). Beliau merupakan lulusan master dari Keio University, Jepang dan sekaligus menyelesaikan gelar Doktornya dari Universite Twente, Belanda.

Menurut Prof. Dr. Drajad Irianto, dalam System Manufacturing, harus memiliki SIPOC and Design baru dapat dikatakan sebagai perusahaan manufacturing yang baik. SIPOC adalah kelengkapan Supporting Manufacturing yaitu Supplier, Input, Proses, Output, dan Costumer. Kelima hal tersebut harus didesign sesuai dengan terjemahan team kreatif perusahaan berdasarkan permintaan dan kebutuhan konsumen. Hal ini menjelaskan bahwasanya Operating System, Manufacturing System, Management System dan Human Factor Enginering merupakan satu kesatuan yang tidak dapat terpisahkan.

Benedikta Anna Haulian, ST, M.Sc selaku Kaprodi Industri menjelaskan bahwa dalam proses pelaksanaannya, seminar ini berlangsung lancar dan bersinergi. ” selain untuk mendukung sertifikasi mahasiswa demi menghadapi lapangan pekerjaan yang siap menggembleng kita menjadi tenaga profesional, kegiatan ini pula dimaksudkan agar mahasiswa khusunya Teknik Industri dapat paham betul dengan System Manufactur. Apalagi menghadapi MEA dan AFTA yang pasti membutuhkan kesiapan-kesiapan tersendiri” Ungkapnya.

PT. Excelitas Technologies batam sebagai pendukung utama bersama Adhiya Tirta Batam juga ikut memberikan dukungan dalam terselenggaranya kegiatan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.