NADIA KHAIRA ARDI, ST.MT : DOSEN PRODI TEKNIK SIPIL

Banyak Melakukan Penelitian dan Menulis

Nadia Khaira Ardi, ST.MT lahir pada 15 Februari 1978 di Padang, Sumatra Barat. Sosok yang berpenampilan sederhana ini dari kecil bercita-cita ingin menjadi peneliti. Ia hidup dan dibesarkan dalam lingkungan sederhana yaitu anak dari seorang guru di salah satu SMA di Padang.

Karena begitu besar cita-citanya untuk menjadi peneliti maka dia masuk perguruan tinggi dan akhirnya pada tahun 1999 berhasil meraih gelar Sarjana Teknik (ST) jebolan Universitas Andalas (UNAND) Padang. Selanjutnya pada tahun 2002 dia berhasil meraih gelar S2 sebagai Magister Teknik dari ITB Bandung, dan pada tahun 2003 dia bekerja di PT. Pamintori Cipta Jakarta yang bergerak di bidang Konsultan Transfortasi. Selanjutnya pindah kerja sebagai Assisten Peneliti Laboratorium Transfortasi ITB Bandung.

Dari hasil pernikahannya pada tahun 2005 saat ini dia telah dikaruniai sepasang putra putri yang bertempat tinggal di Villa Muka Kuning Batam. Pada tahun 2007 dia bergabung dengan Universitas Riau Kepulauan hingga dipercaya menjadi Dekan Fakultas Teknik di sampai pertengahan 2011. Selama pengabdianya dia banyak melakukkan penelitian  juga menulis.

Memang didasari keingintahuan yang sangat besar di sela-sela kesibukannya sebagai seorang dekan, dia coba-coba mengikuti tes Pegawai Negeri Sipil (PNS) dari Kementerian Pekerjaan Umum yang dilaksanakan di Medan, Sumatara Utara, yang awalnya hanya coba-coba namun Tuhan justru merestuinya. Akhirnya ia lulus secara murni menjadi PNS tahun 2011.

Awal penempatan menjadi PNS dia ditempatkan di Bandung  yang khusus membidangi Pusat penelitian dan Pengembangan Jalan dan Jembatan, namun selama bekerja menjadi PNS yang penempatannya  sangat jauh dari keluarga yang dicintainya di Batam, membuatnya tidak tenang dan nyaman sehingga hanya hitungan bulan dia mengusulkan pemindahan tugas yang akhirnya usulan pemindahan tersebut dikabulkan.

Di tengah kesibukannya setiap hari sebagai seorang PNS di Batam dan dilandasi oleh kecintaanya dengan dunia akademisi, dirinya masih menyempatkan untuk membagi ilmunya dengan mengampuh mata kuliah ke mahasiswa fakultas teknik Universitas Riau Kepulauan Batam. ***

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.