Fakultas Teknik UNRIKA Info Teknik HIMPUNAN MAHASISWA TEKNIK SIPIL UNRIKA GELAR KULIAH UMUM PROGRAM STUDI TEKNIK SIPIL SE-KOTA BATAM

HIMPUNAN MAHASISWA TEKNIK SIPIL UNRIKA GELAR KULIAH UMUM PROGRAM STUDI TEKNIK SIPIL SE-KOTA BATAM


Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil (HMS) Universitas Riau Kepulauan Batam bekerja sama dengan Fakultas Teknik Universitas UNRIKA mengadakan kuliah umum program studi Teknik Sipil se-Kota Batam. Bertema ” Kesiapan Insinyur Dalam Menghadapi Era Gedung Super Tinggi Dan Mega Tinggi” dengan pembicara Dr.Ir Wiryanto Dewobroto, MT. Salah seorang penulis beberapa buku program studi Teknik Sipil dengan blognya yang cukup dikenal dikalangan Teknik Sipil (http://wiryanto.wordpress.com) yang juga merupakan Dosen Universitas Pelita Harapan Jakarta.

Pada kuliah umum ini mahasiswa dimotivasi supaya dapat  mempersiapkan diri dalam berkarir di bidang rekayasa sipil,  juga dibahas apa itu insinyur yang ideal dan bagaimana caranya.  Insinyur disini berbeda dengan tukang kelas satu, karena tukang kelas satu mengandalkan pengalaman sedangkan insinyur tidak mesti harus mengandalkan pengalaman, karena dituntut harus mampu menghadapi sesuatu yang baru yang belum ada sebelumnya, sehingga mau tak mau harus mengandalkan ilmu pengetahuan dan teknologi.  Selanjutnya dijelaskan juga tentang bangunan tinggi dan apa perbedaan pokok dengan jembatan baik secara fisik, teknis dan yang terpenting perbedaan esensinya.  Dan akhirnya dibahas gedung tinggi, dijelaskan mulai dari sifatnya terhadap gempa, juga angin. Serta bagaimana Burj Khalifa yang memiliki ketinggian 828 m yaitu bangunan tertinggi di dunia yang terdapat di Dubai, bagaimana dapat dibangun dan diceritakan juga bagaimana kita sebentar lagi juga akan terlibat dengan pembangunan gedung 111 lantai dengan ketinggian 638 m di Jakarta yang memang sampai saat ini masih dalam tahap desain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Related Post